11 tanda awal kanker payudara selain benjolan, jurnal Cancer Epidemiology

Salah satu tanda awal kanker payudara adalah adanya benjolan di payudara. Selain benjolan, ada beberapa tanda lain yang lebih umum daripada yang mungkin Anda yakini.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology pada tahun 2017, satu dari setiap enam wanita yang menemukan kanker mereka sendiri melakukannya karena gejala kanker payudara yang kurang jelas seperti kelainan puting susu dan penurunan berat badan (artinya tidak ada benjolan).

Ilustrasi periksa payudara.
Ilustrasi periksa payudara.

Kanker payudara yang dilaporkan sendiri ini, menurut Neelima Denduluri, ketua asosiasi Komite Onkologi Jaringan Payudara, menyoroti pentingnya memperhatikan setiap tanda, gejala, atau perubahan aneh yang mungkin Anda alami, selain terus mengawasi. mammogram dan pemeriksaan tahunan Anda.

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala kanker payudara yang paling mengejutkan pada wanita, selain benjolan.

1. Kulit keriput, bersisik, tidak rata, atau iritasi.

“Anda tahu payudara Anda dan semua keanehan kecilnya,” kata Debra Patt, OB-GYN dan spesialis kanker payudara di Texas Oncology, sebuah klinik dari Jaringan Onkologi Amerika Serikat. “Perhatikan jika Anda menemukan perubahan dalam penampilan khas mereka.” “Setiap penebalan yang tidak biasa, kemerahan, ruam, lesung pipi, atau kerutan pada kulit di payudara Anda atau di sekitar puting Anda harus diselidiki oleh dokter Anda,” sarannya.

2. Perubahan pada puting

Hanya manekin yang memiliki puting runcing dan berperilaku baik. Sebenarnya, wanita manusia harus berurusan dengan berbagai macam warna, ukuran, posisi, tekstur, dan jenis rambut. Setiap perubahan pada puting Anda, termasuk warna dan tekstur, harus diperiksa untuk menyingkirkan keganasan, menurut Dr. Denduluri. Puting berbulu pada wanita, di sisi lain, benar-benar alami dan mempengaruhi satu dari setiap tiga wanita, menurut dia.

3. Puting mengeluarkan cairan

Apakah ada yang lebih mengkhawatirkan daripada payudara Anda yang mulai mengeluarkan cairan tanpa kehadiran bayi? “Keputihan biasa terjadi selama kehamilan, menyusui, dan hingga satu tahun setelah anak Anda disapih,” kata Dr. Pat. “Namun, jika Anda melihat ada cairan lagi, Anda harus memeriksakannya ke dokter.”

Keputihan secara acak, terutama jika berwarna merah, hijau, atau bau, dapat menunjukkan adanya masalah, seperti kanker payudara atau hipofisis, menurut Dr. Pat.

4. Bengkak yang menyakitkan

Meskipun sebagian besar payudara bengkak dan nyeri disebabkan oleh perubahan hormonal (seperti PMS atau kehamilan), hal itu juga dapat dikaitkan dengan kanker payudara.

Menurut Dr. Patts, ini semua tentang ukuran dan lokasi tumor, yang dapat mengakibatkan perubahan ukuran atau bentuk payudara Anda, serta pembengkakan yang tidak menyenangkan. Sementara sebagian besar wanita yang melaporkan nyeri payudara tidak menderita kanker, jika rasa sakit dan pembengkakan tidak terkait dengan siklus bulanan Anda, Anda tidak menyusui, dan mereka datang tiba-tiba atau tidak hilang, hubungi dokter Anda sekali, kata Dr. .

5. Anda mengalami perasaan kesemutan yang aneh.

Menurut Sherry Ross, seorang OB-GYN dan penulis She-ology, bagaimana perasaan payudara Anda di dalam sama pentingnya dengan bagaimana rasanya di luar. Beberapa wanita mengatakan mereka merasa seperti “kesemutan dari dalam”, bahwa payudara mereka “berdengung” atau “berduri” di dalam, atau bahwa ASI mereka “berkurang” (ketika mereka tidak menyusui).

Sensitivitas payudara sering dikaitkan dengan fluktuasi hormonal, itulah sebabnya banyak wanita mengalaminya sebagai bagian dari PMS dan sebagai salah satu indikator pertama kehamilan. “Namun, beberapa jenis kanker payudara mungkin memengaruhi hormon Anda dan menyebabkan Anda merasakan hal yang sama,” lanjutnya.

7. Payudara Anda tampak memiliki banyak pembuluh darah.

Banyak faktor yang mempengaruhi apakah Anda dapat melihat pembuluh darah di permukaan payudara Anda atau tidak—warna kulit, lemak subkutan, kehamilan, dan genetika—tetapi Anda harus memperhatikan garis-garis biru atau hijau yang berlekuk-lekuk itu karena perubahan penampilannya dapat tanda awal kanker payudara, menurut Dr. Ross.

Menjadi kurus tidak selalu menjadi penyebab kekhawatiran, tetapi jika Anda belum pernah menyadarinya sebelumnya dan sekarang melakukannya, atau jika tiba-tiba tumbuh lebih besar, lebih gelap, atau lebih jelas, inilah saatnya untuk khawatir. “Karena tumor membutuhkan lebih banyak aliran darah dan dengan demikian lebih banyak pembuluh darah,” lanjutnya, “pembuluh darah yang terlihat dapat menunjukkan adanya tumor.” “Atau, tumor bisa menghalangi aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah yang berdekatan melebar.”

8. Puting yang selalu gatal

Jika puting Anda selalu gatal, pasti ada yang salah dan Anda harus memeriksakan diri ke dokter, menurut Dr Pat. Puting gatal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ragi atau infeksi lain, alergi, dan iritasi pada pakaian. Namun, lanjutnya, ada jenis kanker payudara langka yang dapat menyebabkan ruam kering, merah, gatal pada atau di sekitar puting Anda, mirip dengan jenis yang Anda dapatkan dari eksim.

9. Ketiak Anda sakit

Menurut Dr. Ross, “payudara Anda benar-benar naik ke sisi dada dan naik ke ketiak.” Kanker payudara dapat berkembang di jaringan payudara ekstra ini, dan keganasan dapat menyebabkan kelenjar getah bening di daerah ketiak Anda berkembang, menurutnya. Jadi, jika ketiak Anda menjadi tidak nyaman atau bengkak—dan Anda tidak menggunakan mesin kompresi dada secara berlebihan—atau jika Anda melihat adanya massa saat bercukur, temui dokter Anda.

10. Jerawat yang tidak mau hilang

Lesi kecil, termasuk jerawat dan bahkan kutil, sering terjadi di payudara dan puting, menurut Dr. Ross. Wanita yang berolahraga mungkin memperhatikan mereka di area di mana mereka banyak berkeringat, seperti di antara payudara mereka atau di sepanjang garis bra olahraga mereka, di mana kelembaban dapat terperangkap dan menyumbat pori-pori mereka.

Dengan waktu dan kebersihan yang tepat, sebagian besar jerawat akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika Anda memiliki luka kecil dalam bentuk apa pun yang tidak hilang setelah satu atau dua minggu, Anda harus mengunjungi dokter.

11. Perubahan yang tidak ada hubungannya dengan payudara Anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, gejala kanker payudara lainnya termasuk ketidaknyamanan punggung, sakit leher, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, yang semuanya mendorong wanita untuk mencari perhatian medis dan didiagnosis menderita kanker payudara.

Tags